Sabtu, 22 Juli 2017

SEPUTAR KULINER


4 Racikan Smoothies Ini Ampuh Turunkan Kolesterol



Kolesterol tinggi banyak dikandung sejumlah makanan lezat. Sebut saja hati sapi masak pedas, sate kambing, sup iga sapi, seafood, juga makanan cepat saji. Jika tetap ingin menyantapnya, tak usah khawatir. Ada cara enak untuk meredam kolesterol tinggi. Racik saja smoothies yang segar dan sehat!

Menurut website Mayo Clinic, batas maksimal kolesterol dalam tubuh tak lebih dari 300 mg atau setara dengan kolesterol yang terdapat pada 100 gram hati sapi. Nah, untuk menurunkannya, situs Everyday Health memberikan 4 jenis racikan smoothie rekomendasi para ahli nutrisi yang bisa turunkan kolesterol.







1. Susu, yogurt, pisang, almond butter, cokelat bubukMenurut Bonnie Taub Dix, RD, penulis 'Read It Before You Eat It', susu dan yogurt mengandung kalsium dan potassium yang tinggi. Nutrisi tersebut bisa menurunkan tekanan darah dan bantu kontrol berat badan karena membuat perut terasa lebih kenyang. Sementara itu, kandungan flavanols dalam cokelat bubuk membantu memperbaiki sistem peredaran darah. Almond juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol yang dibutuhkan tubuh. 




2. Jeruk, pepaya, dan wortelRacikan smoothies dari pepaya, jeruk dan wortel diakui Lisa DeFazio, ahli gizi dari Los Angeles, bisa menurunkan resiko sakit jantung. "Antioksidan dalam jeruk yang disebut hesperidin meningkatkan kinerja pembuluh darah dan membantu turunkan risiko penyakit jantung," jelas Liza. Pepaya mengandung vitamin C dan E tinggi, sedangkan wortel mengandung antioksidan yang bantu melindungi sistem kardiovaskular.










3. Blueberry dan pomegranate
Menurut Joy Bauer, ahli nutrisi dan kesehatan dari Today Show, campuran antara dua buah super ini ampuh menjaga kesehatan jantung. "Keduanya mengandung antioksidan tinggi yang membantu melindungi jantung dan pembuluh darah dari penyakit. Blueberry juga mengandung serat yang bisa menurunkan kolesterol," ujarnya. Tambahkan yogurt serta air jeruk lemon agar makin segar dan bernutrisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar